QUIZ 3





  1. Manfaat atau Kelebihan dari E-commerce 
  2. Kelemahan E-commerce 



1.     Manfaat E-commerce bagi Organisasi, Konsumen, dan Masyarakat luas

Bagi Organisasi:
  • Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok 
  • Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas
  • Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.
  • Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull ” yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-in time.
  • Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa. Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis
  • Menekan biaya telekomunikasi.
Bagi Konsumen:
  • Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (7 hari 24 jam).
  • Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan
  • Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bisa berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
  • Produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real-time.
  • Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam elektronik communities dan saling bertukar gagasan dan pengalaman.
  • Memungkinkan pelanggan berpartisipasi dalam lelang virtual. 

Bagi Masyarakat luas:
  • Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah
  • Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah


2.     Kekurangan E-Commerce
Sementara kekurangannya dalam dua aspek, yakni:

1. Kekurangan dari segi teknis

a. Jika emplementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem yang ada
b. Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat
c. Jika terjadi kendala pada bandwidth, maka dapat terjadi kegagalan TI
d. Kesulitan dalam integrasi sistem
e. Terjadi masalah pada kompatibilitas sistem


2. Kekurangan dari segi non-teknis

a. Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah sistem E-Commerce
b. Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
c. Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap transaksi secara online
d. Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
e. Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat
f. Masih belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu.

Irmawati, Dewi, 2011, PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS, Palembang

http://bit.ly/2yByrCL
http://bit.ly/2xLk67G

Komentar

Populer

Panduan Upgrade

QUIZ 1 E-COMMERCE

Panduan Crafting